Sabtu, 19 Desember 2009

Autobiografi

Autobiografi

Dua puluh tahun yang lalu, tepatnya 21 Oktober 1989, saya lahir di sebuah desa kecil di daerah pegunungan, yaitu di dusun Madigondo RT 25/10 Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Saya diberi nama Qomarinah yang menurut saya arti Qomar adalah bulan dan inah menandakan kalau saya perempuan. Jadi mungkin maksud orang tua saya memberikan nama tersebut adalah agar saya bisa menjadi bulan yang akan selalu menerangi keluarga.
Masa kecil saya, saya lalui seperti lazimnya anak-anak lain yang hidup di desa. Pada tahun 1995, saya bersekolah di SD Negeri Madigondo Wetan. Di sekolah dasar ini saya belum menyadari pentingnya belajar, sehingga bisa dibilang kondisi kognitif saya hanya pas-pasan. Ketika memasuki bangku SMP (tahun 2001), saya bersekolah di MTsN Sidoharjo. Di sekolah ini, saya mulai bersemangat belajar. Walau tidak pernah mendapat juara pertama, tetapi saya selalu berada di urutan ke-dua. Saya juga selama tiga tahun berturut-turut mewakili sekolah kebanggaan saya tersebut dalam lomba pidato bahasa Inggris antar MTs se-DIY. Selain itu saya dan kawan-kawan tim volley putrid MTsN Sidoharjo pernah berhasil meraih juara pertama dalam pertandingan bola volley antar SMP/MTs se-kecamatan samigaluh, dalam rangka HUT RI.
Setelah lulus MTs pada tahun 2004, saya melanjutkan di SMK Muhammadiyah Kalibawang. Di SMK ini alhamdulillah saya bisa lebih mengembangkan kemampuan saya dengan meraih beberapa prestasi. Pertama, pada tahun 2005 saya berhasil meraih juara 1 lomba pidato bahasa Inggris antar SMA se-Kecamatan Kalibawang. Saya juga berhasil meraih juara 1 dalam lomba lari 5 km putri antar SLTA se-kecamatan Kalibawang. Kemudian di tahun yang sama, saya berhasil meraih juara 1 tingkat TUTI Utara, juara 1 tingkat kabupaten, dan menjadi salah satu finalis tingkat provinsi dalam bidang MSQ pada kejuaraan MTQ antar SMA/SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah itu, pada tahun 2006 saya kembali berhasil meraih juara 1 lomba MSQ dalam kejuaraan MTQ 2006. Sayang, di kabupaten saya harus puas dengan meraih juara ke-dua. Setelah itu, saya berhasil meraih juara ke-dua lomba pidato bahasa Jawa antar SLTA se-kecamatan kalibawang. Saya juga selama dua kali berturut-turut mewakili sekolah saya dalam acara debat Inggris antar SMA/SMK se-Kabupaten Kulon Progo.
Dalam mata pelajaran di kelas, alhamdulillah sejak kelas 1 semester dua, saya bisa memberikan kebanggaan kepada kedua orang tua saya dengan selalu meraih juara 1. Bahkan hal yang paling membanggakan dan membuat saya terharu adalah pada saat kelulusan, saya berhasil meraih juara umum di sekolah sekaligus menjadi lima besar kabupaten dengan nilai yang menurut saya cukup memuaskan. Saya terharu karena bisa membuat kedua orang tua saya bangga, setidaknya itu dapat sedikit mengobati rasa lelah mereka yang telah bekerja keras membesarkan dan menyekolahkan saya hingga saat ini.
Tadinya saya tidak pernah bermimpi untuk kuliah, mengingat keadaan ekonomi orang tua yang bisa dibilang pas-pasan. Tetapi Alhamdulillah Allah memberikan jalan, dengan cara saya mendapatkan kesempatan untuk memperoleh beasiswa kuliah gratis di Bandung, tepatnya di Politeknik TEDC, Bandung. Saya sangat bersyukur atas anugerah ini, walaupun pada akhirnya ternyata saya harus kecewa karena gagal mendapatkannya. Keterlambatan persyaratan dari dinas membuat saya harus kehilangan kesempatan emas ini. Tapiu walau bagaimanapun juga saya tidak boleh terus menerus menyesali semua ini, saya harus bangkit. Alhamdulillah oarang tua saya penuh pengertian. Untuk mengobati kekecewaan saya, pada tahun berikutnya mereka memberikan kesempatan kepada saya untuk melanjutkan kuliah.
Pada tahun 2008, saya mendaftarkan diri di Universitas PGRI Yogyakarta, salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Saya diterima di Program Studi Pendidikan Guru SD. Hal ini juga merupakan hal yang patut saya syukuri tentunya, mengingat banyaknya peminat prodi PGSD yang tidak diterima di Universitas ini. Hingga saat ini, saya masih menempuh pendidikan di Universitas PGRI Yogyakarta semester 3. Semoga pendidikan ini dapat saya tempuh dengan lancar dan dapat lulus tepat waktu. Amin…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar