Sabtu, 19 Desember 2009

Karangan Deskripsi

Karangan Deskripsi

Keindahan Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo adalah salah satu objek wisata di Kulon Progo. Letaknya di dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
Puncak suroloyo adalah sebuah puncak pegunungan yang sangat indah. Selain ada pepohonan dan perkebunan teh yang tertata rapi, juga ada beberapa pesanggrahan, villa, menara, dan flying fox. Di sana udaranya sangat sejuk sehingga membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.
Suroloyo dibagi menjadi beberapa area, antara lain puncaknya sendiri, Tegal Kepanasan, dan Sendang Widodaren. Untuk dapat mencapai puncaknya, kita harus menaiki tangga yang jumlahnya ratusan tangga. Di tengah-tengah tangga, ada sebuah pesanggrahan yang dapat kita gunakan untuk beristirahat bila kita lelah. Kemudian tepat di puncak Suroloyo, ada sebuah gardu pandang yang dapat kita gunakan untuk berteduh juga.
Di Tegal Kepanasan, ada dua buah menara dan flying fox. Di tempat ini juga di bentuk sebuah tama dan tempat duduk yang tersebar rapi, sehingga kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya pemandanan Suroloyo.
Sendang Widodaren adalah sebuah mata air yang letaknya di sebelah selatan puncak Suroloyo. Air dari mata air tersebut biasanya digunakan untuk mencuci benda pusaka tiap tanggal 1 suro (tanggal 1 Hijriah). Selain itu juga dulu air tersebut dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Akan tetapi sekarang seiring dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, kepercayaan tersebut lama-kelamaan luntur.
Walaupun Puncak Suroloyo dikelilingi oleh lembah dan jurang yang terjal, namun itu tidak membuat para pengunjung takut. Setiap hari Minggu dan hari libur, Puncak Suroloyo selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin refreshing. Apalagi tiap tanggal 1 suro, Suroloyo pasti penuh sesak dikunjungi orang. Tiap tanggal 1 suro pasti ada hiburan khusus yang disajikan untuk menghibur pengunjung. Begitu banyaknya pengunjung pada tanggal 1 suro sehingga menyebabkan kemacetan yang panjang di sepanjang jalan arah ke Suroloyo.
Begitulah, demikian indahnya pemandangan di puncak Suroloyo sehingga membuat para pengunjung tidak merasa bosan dan selalu ingin kembali ke sana. Keindahan ini adalah merupakan salah satu karunia Allah yang wajib kita syukuri dan kita jaga kelestariannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar