Kamis, 24 Desember 2009

KETERAMPILAN MENYIMAK

Keterampilan menyimak


A. Hakikat menyimak sebagai aspek keterampilan berbahasa

Menyimak adalah kegiatan mendengarkan dengann sengaja dan disertai usaha untuk memahami apa yang disampaikan pembicara.
Kegiatan menyimak merupakan kegiatan berbahasa yang kompleks karena melibatkan berbagai proses menyimak pada saat yang sama. Menyimak bukan merupakan suatu proses yang pasif melainkan suatu proses yang aktif dalam mengonstruksikan suatu pesan dari suatu arus bunyi yang diketahui orang sebagai potensi-potensi fonologis, semantik dan sintaksis suatu bahasa. Pada saat penyimak mendengar bunyi bahasa, pada saat itu pula mental seseorang aktif bekerja, mencoba memahami, menafsirkan apa yang disampaikan pembicara dan memberinya respon. Menurut Via Sutari (1997 : 21) menyimak adalah suatu rentetan proses, mulai dari proses mengidentifikasi bunyi, menyusun penafsiran, menyimpan, dan menghubungkan penafsiran itu dengan seluruh pengetahuan dan pengalaman.
Sebagai kegiatan yang kompleks, menyimak mempunyai unsur dasar yang sangat berpengaruh dan secara fundamental mewujudkan adanya suatu peristiwa atau kegiatan menyimak, yaitu pembicara sebagai sumber pesan, penyimak sebagai penerima pesan, bahan simakan sebagai unsur konsep dan bahasa lisan sebagai media (Sutari dkk. 1997:42).
Ada faktor lain yang mempengaruhi kegiatan menyimak, yaitu faktor fisik, psikologis, pengalaman, sikap, motivasi, jenis kelamin, lingkungan dan peranan dalam masyarakat. Untuk dapat menyimak dengan baik, seorang penyimak harus berada pada kondisi yang siap simak karena menyimak dengan baik menuntut perhatian, pikiran, penalaran, penafsiran, dan imajinasi.
Ada beberapa macam tujuan dalam kegiatan menyimak yang dilakukan orang pada umumnya, yaitu mendapatkan fakta, menganalisis fakta, mengevaluasi fakta, mendapatkan ispirasi, mendapatkan hiburan, dan memperbaiki kemampuan berbicara.

B. Ragam menyimak
Secara garis besar, menyimak dibedakan menjadi dua yaitu,
1. Menyimak ekstensif (kegiatan menyimak yang mengenai hal-hal yang lebih umum dan lebih bebas terhadap suatu ujaran), terdiri dari :
a. Menyimak social (social listening)
b. Menyimak sekunder (secondary listening)
c. Menyimak estetik (aesthetic listening)
d. Menyimak pasif (passive listening)
2. Menyimak intensif (jenis menyimak yang pelaksanaannya diarahkan pada suatu kegiatan yang lebih diawasi, dikontrol terhadap satu hal tertentu), terdiri dari:
a. Menyimak kritis (critical listening)
b. Menyimak kreatif (creative listening)
c. Menyimak eksploratif
d. Menyimak interogatif (interrogative listening)
e. Menyimak selektif
f. Menyimak konsentratif (concentrative listening)

C. Teknik menyimak
Menurut Brawn (via Iskandarwassid, 2008:227-228) terdapat delapan proses dalam kegiatan menyimak, yaitu:
1. Pendengar memproses raw speech dan menyimpan image darinya dalam short term memory
2. Pendengar menentukan tipe dalam setiap peristiwa pembicaraan yang sedang diproses,
3. Pendengar mencari maksud dan tujuan pembicara dengan mempertimbangkan bentuk dan jenis pembicaraan, konteks dan isi.
4. Pendengar me-recall latar belakang informasi sesuai dengan konteks subyek masalah yang ada.
5. Pendengar mencari arti literal yang ia dengar.
6. Pendengar menentukan arti yang dimaksud.
7. Pendengar mempertimbangkan apakah informasi yang ia terima harus disimpan dalam memorinya atau ditunda.
8. Pendengar menghapus bentuk pesan-pesan yang telah dia terima.

D. Tujuan pembelajaran menyimak
Menurut Seni (1993: 98) tujuan pembelajaran menyimak pada semua jenjang pembelajaran yaitu:
1. persepsi, yakni ciri kognitif dari proses mendengarkan yang didasarkan pemahaman pengetahuan tentang kaidah-kaidah kebahasaan.
2. resepsi, yaitu pemahaman pesan atau penafsiran pesan yang dikehendaki oleh pembicara.

E. Teknik pembelajaran menyimak
Tarigan (1986: 52-73) mengemukakan beberapa macam teknik pembelajaran menyimak, sebagai berikut:
a) Dengar-Ulang Ucap
b) Dengar-Tulis (Dikte)
c) Dengar-kerjakan
d) Dengar-Terka
e) Memperluas Kalimat
f) Menemukan Benda
g) Siman Berkata
h) Bisik Berantai
i) Menyelesaikan Cerita
j) Identifikasi Kata Kunci
k) Identifikasi Kalimat Topik
l) Menyingkat/Merangkum
m) Parafrase
n) Menjawab Pertanyaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar