Sabtu, 19 Desember 2009

Karangan Eksposisi

Karangan Eksposisi


Enam Cara Agar Hidup Lebih Tenang Dan Damai

Selalu dirundung cemas, stress, atau tertekan? Coba ikuti cara di bawah ini! Mudah-mudahan hidup anda akan lebih indah, tenang, dan menyenangkan.
Enam tips hidup tenang dan damai:
1. Perbaiki persepsi tentang diri sendiri
Sebaiknya anda berhati-hati dalam menilai diri sendiri. Mengapa? Karena diri kita terbentuk dari apa yang kita pikirkan. Ibarat sebuah kebun, pikiran yang baik akan menghasilkan buah yang baik. Sebaliknya, pikiran yang buruk akan menghasilkan pikiran yang buruk pula. Ulas kembali pikiran anda, pusatkan pikiran pada harapan dan keberhasilan, bukan pada kepusaaaan dan kekalahan. Tak jarang perbahan pada cara berpikir dan memandang suatu masalah dapat menjadi jalan menuju ketenteraman jiwa.

2. Membantu orang yang membutuhkan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang meluangkan sejumlah waktunya untuk membantu orang lain ternyata lebih bahagia dan tenang jiwanya. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan, Amerika Serikat membuktikan bahwa mereka yang aktif dalam kegiatan amal dan berorganisasi di luar rumah lebih panjang umur dan sehat daripada byang lebih senang berdiam diri. Menurut para ahli, hal itu disebabkan karena tubuh mereka yang senang menolong itu memproduksi helper’s high , yaitu sejenis senyawa kimia otak yang berfungsi meningkatkan mood.

3. Berjalan Kaki
Salah satu cara tercepat untuk mengubah perasaan stress menjadi tenang adalah dengan berjalan kaki. Sebuah penelitian yang dilakukan di California State University, Amerika Serikat, membuktikan bahwa jalan kaki selama 10 menit dapat membangkitkan mood lebih cepat dan tahan lama daripada makan permen. Memang, rasa manis dalam permen bias menimbulkan semangat, namun biasanya seperempat jam kemudian Anda akan merasa lebih lelah. Sebaliknya, dengan berjalan kaki semangat dan energi yang muncul dapat bertahan lebih lama. Oleh karena itu, bila suatu saat pikiran sedang mumet atau semangan tengah menurun, segeralah langkahkan kaki Anda, lalu berjalanlah selama 10 menit.

4. Mendengarkan Musik
Di abad 18, seorang penulis terkenal asal Jerman, Jean Paul Friedrich Richter, pernah menyebutkan: ”Dalam kehidupan manusia, musik itu ibarat bulan purnama di kegelapan malam” tulisnya. Ternyata, kini para ahli telah membuktikan kebenarannya. Musik memang mampu menenangkan saraf yang menegang. Bahkan, menurut beberapa ahli penyakit jantung di Amerika Serikat, mendengarkan musik selama seperempat jam dapat menghasilkan pengaruh yang sama dengan pemakaian 10 mg obat penenang valium. Penelitian lain menunjukkan bahwa musik juga dap[at menurunkan tekanan darah, metabolisme dasar, serta tingkat respirasi, sehingga mengurangi rtespons psikologis terhadap stres.Karenanya, jika ingin menciptakan perasaan damai dan tenang, carilah salah satu musik yang paling disukai. Dan di hari-hari yang penuh dengan stres, nyalakan dan dengarkan musik itu. Anda akan merasa lebih santai dan tenang.

5. Tertawalah
”Humor adalah lawan utama dari tiga bentuk emosi negatif, yaitu kemarahan, ketakutan, dan depresi,” ungkap W.F. Frya, MD, ahli psikiatri dari Stanford University Medical School,Amerika Serikat. Mengapa? Karena humor mampu membuat kita tertawa. Dan, ada kalanya dengan tertawa kita jadi lebih kuat dalam mengatasi suatu masalah.

6. Hargai Keindahan dan Kecantikan
Salah satu cara efektif untuk mengimbangi berbagai emosi negatif dalam hidup kita (seperti rasa takut, marah, frustasi, dan sebagainya) adalah dengan mengapresiasi atau menghargai keindahan dan kecantikan. Misalnya rekreasi, mendengarkan konser musik, dan sebagainya. Tak kalah pentingnya adalah menikmati keindahan alam sebab pada keindahan alam lingkungan inilah terkandung kecantikan yang paling mendasar. Jika ingin mengalami perasaan tersentuh oleh kecantikan atau keindahan, alam bebas merupakan tempat yang terbaik untuk memulainya. Berjalan kaki di taman, di lapangan terbuka, bahkan di tepi jalan dekat rumah Anda pun bisa mengakibatkan rasa damai dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar